Sheba imagery

Cari

Masukkan kata kunci di bawah untuk mencari artikel dan produk.

Cara mengatasi Kucing Mencret

Cara Mengatasi Kucing Mencret

Kucing dikenal mengalami episode diare dari waktu ke waktu, yang dapat menyebabkan kecelakaan di sekitar rumah. Selain gangguan pencernaan, ada beberapa penyebab lain kucing mencret, mulai dari sensitivitas makanan hingga parasit, bahkan infeksi bakteri ketika kucing Anda secara tidak sengaja menelan sesuatu.

Diare pada kucing biasanya tidak mengancam jiwa, tetapi kasus-kasus parah seperti adanya darah dalam kotoran kucing Anda memerlukan perhatian medis segera.

Gejala diare ringan pada kucing dapat mereda dalam waktu beberapa hari, tetapi ini dapat mengganggu bagi kucing Anda yang berharga, jadi, berikut adalah beberapa tips cepat yang perlu diingat saat mengobati diare pada kucing.

Apa Itu Diare pada Kucing?

Diare pada kucing ditandai dengan tinja yang encer, biasanya dengan jumlah dan frekuensi yang meningkat.

Meskipun diare pada kucing umum terjadi, hal ini masih bisa mengganggu, karena dapat menyebabkan kecelakaan di seluruh rumah. Dan meskipun diare pada kucing tidak bisa dianggap sebagai penyakit itu sendiri, itu bisa menjadi tanda gangguan kesehatan lain yang mendasarinya.

Kucing mencret biasanya disebabkan oleh pergerakan lebih cepat bahan tinja melalui usus yang disertai dengan penyerapan air, elektrolit, dan nutrisi yang berkurang. Kasus-kasus diare yang parah juga dapat mengakibatkan lendir, darah, serta cacing yang hadir dalam tinja.

Apa Penyebab Kucing Mencret?

Sebelum kita membahas tentang pengobatan kucing mencret, sangat penting untuk memahami berbagai penyebab kucing mencret seperti yang disebutkan di bawah ini:

  • Parasit

    Parasit internal, serta kutu, caplak, dan nyamuk, adalah beberapa pembawa umum parasit penyebab kucing mencret. Selain membawa penyakit serius, tindakan parasit oleh cacing pita dan cacing tambang dapat signifikan memengaruhi sistem kekebalan kucing Anda, menyebabkan diare yang parah.

  • Infeksi

    Infeksi yang disebabkan mengonsumsi makanan yang tidak cocok untuk konsumsi kucing adalah salah satu alasan utama di balik kucing mencret. Selain itu, diare pada kucing seringkali merupakan hasil dari alergi makanan ketika kucing Anda sensitif terhadap bahan tertentu yang ada dalam diet mereka.

  • Kebiasaan makan yang tidak tepat atau perubahan diet

    Kucing adalah makhluk yang senang dengan kebiasaan dan perubahan mendadak dalam diet mereka. Hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan, seperti diare. Oleh karena itu, penting untuk secara bertahap beralih ke diet baru atau menawarkan makanan untuk kucing mencret jika Anda curiga kucing Anda memiliki masalah pencernaan.

  • Stres

    Perubahan mendadak dalam lingkungan mereka dapat menyebabkan kucing merasa stres, sehingga mereka seringkali mengabaikan kebutuhan diet. Akibatnya, stres juga dapat menyebabkan kucing mencret. Karenanya, penting untuk menjaga mereka dalam kondisi yang berubah ini.

  • Gangguan inflamasi primer

    Meskipun gangguan pencernaan, seperti diare, relatif umum pada kucing, kasus-kasus yang berkepanjangan mungkin menunjukkan gangguan yang mendasar seperti gangguan inflamasi primer, seperti enteropati kronis dan penyakit radang usus yang diturunkan secara genetik kepada kucing, dan dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan dan muntah selain diare.

  • Penyakit Metabolik

    Meskipun kucing dikenal karena cinta mereka yang tak ada habisnya pada makanan, kucing-kucing yang lucu ini sering mengalami kesulitan mengetahui kapasitas mereka, dan akhirnya makan berlebihan. Ini juga yang menjadi salah satu penyebab kucing mencret. Makan lebih dari yang bisa mereka cerna adalah alasan umum di balik penyakit metabolik pada kucing yang dapat menyebabkan diare.

  • Obat/Racun

    Obat-obatan kuat dan antibiotik seringkali memiliki efek yang berkepanjangan pada kucing berbulu Anda, termasuk muntah dan diare yang sering. Mengonsumsi zat yang beracun dan tidak cocok untuk konsumsi kucing, seperti cokelat juga dapat menjadi penyebab kucing mencret.

Apa yang Harus Dilakukan jika Kucing Diare?

Seperti kebanyakan masalah kesehatan kucing lainnya, diare pada kucing dapat menimbulkan gejala yang khas. Perhatikan perubahan perilaku yang nyata jika Anda curiga bahwa kucing Anda sedang menderita diare. Periksa juga kemungkinan gejala diare pada kucing seperti muntah yang sering dan hilangnya nafsu makan untuk memudahkan menentukan penyebab kucing mencret.

Diare pada kucing umumnya ditandai dengan tinja yang tidak biasa longgar atau berair. Oleh karena itu, meningkatkan konsumsi serat kucing Anda dapat menjadi pilihan pengobatan yang efektif. Karena diare pada kucing juga mengakibatkan kehilangan nutrisi dan kelembaban esensial yang cepat dari tubuh, penting untuk memastikan bahwa kucing Anda terhidrasi dengan baik dan menerima makanan yang cukup untuk kucing dengan diare.

Meskipun gejala kucing mencret umumnya mereda dalam beberapa hari, penting untuk berkonsultasi dengan dokter hewan dan membawa mereka ke rumah sakit jika gejalanya persisten untuk jangka waktu yang lama. Dokter hewan dapat mengobati kucing mencret dan memberikan saran kepada Anda tentang perawatan di rumah. Perhatikan frekuensi dan penampilan tinja untuk memberi tahu dokter hewan Anda sehingga mereka dapat mendiagnosa penyebab kucing mencret dan memberikan saran tentang rencana pengobatan diare pada kucing yang sesuai.

Dapatkah Anda Mencegah Kucing Mencret?

  • Mencegah kucing mencret sangat memungkinkan.
  • Kendalikan penyakit yang mendasarinya dengan obat yang tepat dan diet resep.
  • Hindari perubahan diet yang tiba-tiba atau memberikan makanan manusia kepada kucing Anda.
  • Jangan memberikan camilan yang kaya atau baru kepada kucing untuk menghindari kasus diare akut.

Kesimpulan

Kucing mencret adalah gangguan kesehatan yang cukup umum. Meskipun dapat mengganggu, diare pada kucing dapat dengan mudah diobati di rumah dan gejalanya biasanya mereda dalam beberapa hari. Sebagai orang tua kucing yang mencari obat yang memadai untuk mengobati diare pada kucing, langkah pertama adalah mengidentifikasi penyebab mendasar dari masalah tersebut.

Bergantung pada berbagai faktor dan penyebab kucing mencret, ada beberapa pengobatan yang mudah diakses yang mungkin disarankan oleh dokter hewan Anda untuk pemulihan kucing Anda. Dengan perawatan yang tepat, kucing yang Anda sayangi dapat kembali ke kehidupan kucing yang bahagia dan sehat dalam waktu singkat!

Pertanyaan Umum

 

 
  • Apa yang harus saya lakukan jika kucing saya mencret?

    Diare pada kucing adalah gangguan kesehatan umum pada si buah hati berbulu kita, jadi ketika harus mengobati diare pada kucing, penting juga untuk memastikan bahwa kucing Anda terhidrasi dan memiliki akses yang memadai ke makanan untuk kucing mencret.

  • Bagaimana penampakan diare pada kucing?

    Diare pada kucing umumnya terkait dengan konsistensi tinja yang tidak sehat. Selain penampilan tinja yang tidak biasa longgar atau berair, diare pada kucing juga dapat mengandung lendir atau darah dalam tinja, serta cacing.

  • Apakah makanan basah untuk kucing menyebabkan diare?

    Kandungan kelembapan dalam makanan basah untuk kucing dapat memberikan konsistensi yang lebih lembut pada tinja si buah hati berbulu, tetapi itu tidak menyebabkan diare pada kucing. Diare pada kucing dapat disebabkan oleh perubahan mendadak dalam diet, makanan berkualitas rendah, dan alergi makanan.

  • Haruskah saya menghentikan pemberian makanan jika kucing saya mengalami diare?

    Meskipun diare pada kucing kadang-kadang dapat disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang tidak cocok, tidak bijaksana untuk sepenuhnya menghentikan pemberian makanan rutin kucing Anda jika mereka mengalami diare. Melakukan hal tersebut dapat mengakibatkan kehilangan nutrisi dan kelembaban lebih lanjut dari tubuh mereka.

  • Berapa lama diare dapat berlangsung pada kucing?

    Diare pada kucing dewasa adalah kejadian yang cukup umum yang biasanya berlangsung selama dua hari. Meskipun variasi dan konsistensi tinja dapat berbeda-beda pada kucing, gejala diare ringan pada kucing umumnya mereda dalam waktu 24 hingga 48 jam.

Artikel Terkait

Beli Sheba® Online

Klik untuk membeli dari ritel di bawah ini

Beli Sheba® Onlineproduct

Klik untuk membeli dari ritel di bawah ini